Dettol Dukung Perempuan Indonesia dalam Olahraga #TaklukkanPanasmu

Flashback ketika aku remaja, saat sekolah di SMP dan SMK, aku itu anaknya olahraga banget. Sejak SMP aku sudah masuk ke tim basket sekolah dan selalu mengikuti turnamen, gak hanya basket, aku juga mengikuti berbagai turnamen cabang atletik seperti lari jarak pendek 100 meter, 400 meter, lompat tinggi dan lompat jauh. Pokoknya ketika sekolah itu aku mau berprestasi lewat olahraga.

Orangtua ku sering bertanya, "Ih kamu tuh gak takut panas apa? Biasanya kan anak remaja cewek takut panas" secara kalau latihan basket itu siang setelah pulang sekolah. Hmm, buatku panas-panasan bukan halangan untuk ku melakukan sesuatu hal yang aku suka. Padahal kalau diingat lagi, dulu tuh kalau habis latihan kan badan kerigetan, bau badan hahaha.


Nah, bicara tentang olahraga, olahraga diminati oleh sebagian besar masyarakat Indonesia tidak hanya menjadi sarana rekreasi yang menyehatkan, tetapi juga aktivitas yang ditekuni sebagian orang untuk mengejar impian. Seperti ceritaku diatas, aku sendiri yang termasuk ingin menjadikan olahraga sebagai aktivitas untuk megejar impianku.

Studi mengatakan jumlah partisipasi perempuan dalam berolahraga masih di bawah rata-rata. Bahkan sejak usia 14 tahun, banyak remaja putri yang mulai kehilangan ketertarikan untuk berolahraga . 

Salah satu faktor yang membuat remaja putri kurang tertarik berolahraga adalah kekhawatiran akan aktivitas yang mengharuskan berpanas-panasan dan berkeringat di bawah terik matahari, serta adanya pandangan bahwa perempuan yang berkeringat terlihat kurang menarik.

Padahal, selain untuk kesehatan, banyak sekali manfaat dari berolahraga sejak usia muda, salah satunya untuk pembentukan karakter seperti menambah rasa percaya diri, mengasah kedisiplinan, sportivitas dan solidaritas.

Sejalan dengan perayaan Hari Perempuan Internasional yang jatuh pada tanggal 8 Maret 2022, Reckitt Indonesia melalui merek Dettol menunjukkan dukungannya terhadap perempuan agar lebih berani menekuni bidang yang disukai dan mengejar impian mereka dengan  gerakan #TaklukkanPanasmu.

Dengan tema #BreakTheBias , Dettol berharap Gerakan Indonesia #TaklukkanPanasmu dapat menginspirasi perempuan Indonesia agar lebih berani meraih impian mereka, salah satunya dalam olahraga, tanpa dihalangi rasa khawatir akan panas ataupun berkeringat.

Acara yang diadakan pada tanggal 10 Maret 2022 ini, menghadirkan beberapan narasumber, yaitu:

  • Liliyana Natsir, legenda bulu tangkis Indonesia yang berhasil meraih medali emas Olimpiade Rio 2016
  • 3 (tiga) atlet remaja putri berprestasi Indonesia:
    1. Nyimas Bunga Cinta (skateboarder berusia 15 tahun)
    2. Praisey Blessed (pemain basket berusia 13 tahun)
    3. Ashaqila Leciashira K Sigar (pemain baseball berusia 12 tahun)
  • Alvin Wiradarma selaku Senior Brand Manager Dettol

 

Rahul Bibhuti, Marketing Director Reckitt Indonesia menyatakan, “Reckitt Indonesia sebagai perusahaan berkomitmen untuk terus berupaya memberikan dampak positif kepada seluruh pemangku kepentingan, salah satunya dalam bentuk mendukung pemberdayaan perempuan untuk berpartisipasi aktif dalam mewujudkan impiannya serta mengoptimalkan perannya baik dalam karir, keluarga dan masyarakat.”

Selain itu, Ia menambahkan “Banyak program yang telah dijalankan oleh perusahaan sebagai bentuk dukungan terhadap pemberdayaan perempuan diantaranya melalui edukasi terkait sanitasi bagi komunitas dan edukasi bagi perempuan untuk berperan aktif dalam perencanaan keluarga.”

Hadir dalam acara virtual roundtable discussion, Liliyana Natsir, salah satu atlet bulutangkis terbaik Indonesia peraih medali emas Olimpiade mengatakan bahwa mMenekuni bidang olahraga, khususnya bulutangkis, merupakan passionnya sejak kecil yang mendorong untuk menjadi atlet nasional yang dapat mengharumkan nama bangsa. 

Sebagai perempuan, Liliyana tidak merasa bahwa berkeringat dan berpanas-panasan di lapangan adalah suatu halangan, melainkan bukti bahwa dia bangga dapat melakukan sesuatu yang disukai dan berhasil menjadi salah satu yang terbaik.

Alvin Wiradarma, Senior Brand Manager Dettol Healthy Body menambahkan, “Selain passion dan bakat, lingkungan yang mendukung juga merupakan salah satu faktor kunci yang dapat memotivasi seseorang untuk meraih impiannya. Sebagai bagian dari masyarakat sudah sepatutnya kita memberikan dukungan kepada generasi muda dan khususnya perempuan yang memiliki passion di bidangnya masing-masing, contohnya dalam berolahraga, dengan bersama-sama membangun perspektif bahwa setiap perempuan yang berani berjuang meraih mimpinya memiliki daya tarik masing-masing sekalipun saat Ia harus berpanas-panasan dan berkeringat.”

Di Indonesia, sejumlah remaja putri yang memiliki semangat dalam bidang olahraga kini tengah berjuang mengukir prestasi untuk mengharumkan nama bangsa di skala nasional dan internasional.

Melihat hal ini, Dettol turut bangga dan terinspirasi atas kegigihan dan ketekunan mereka dalam meraih kesuksesan dalam bidang yang mereka sukai. 

Di usia belianya, tiga atlet remaja putri berprestasi ini secara tidak langsung menjadi duta bagi masing-masing cabang olahraga yang digeluti dan menginspirasi remaja dan perempuan Indonesia lainnya untuk berolahraga.

Mereka adalah Nyimas Bunga Cinta (skateboarder berusia 15 tahun), Praisey Blessed (pemain basket berusia 13 tahun) dan Ashaqila Leciashira K Sigar (pemain baseball berusia 12 tahun).


Lebih lanjut, Alvin Wiradarma mengatakan bahwa selain menggelar gerakan #TaklukkanPanasmu, Dettol juga mempersembahkan inovasi produk yang dapat mendukung masyarakat Indonesia dalam menjaga kebersihan dan kesehatan kulitnya sehingga mereka dapat nyaman melakukan aktivitas berkeringat melalui Dettol Cool Body Wash.

Dettol Cool Body Wash ini adalah produk sabun cair antibakteri yang dapat memberi kesegaran pada kulit setelah beraktivitas dan berkeringat di bawah terik matahari dan melindungi tubuh dari kuman penyebab bau badan dan bakteri selama 12 jam serta memberikan sensasi dingin hingga 5C.

Dan dengan adanya Gerakan Indonesia #TaklukkanPanasmu, diharapkan dapat menginspirasi banyak perempuan Indonesia untuk berani mewujudkan mimpinya dalam bidang olahraga yang mereka sukai tanpa harus khawatir akan halangan panas dan berkeringat, untuk menjadi yang terbaik.  Karena banyak sekali potensi pada generasi muda Indonesia yang dapat dikembangkan, asalkan disertai dengan lingkungan yang kondusif.

Tidak ada komentar

Posting Komentar