Anak Siaga Hansaplast, Belajar tentang Luka dengan Cara yang Menyenangkan

 


Hai Assalamualaikum..

Apa kabar teman-teman semua? Semoga selalu diberikan kesehatan yaa dan nikmati PPKM #dirumahaja ^^

Di masa pandemi seperti ini yang pastinya membuat kita menghabiskan sebagian waktu kita di rumah saja, resiko terjadinya luka pada anak-anak pun menjadi semakin meningkat. Menurut World Health Organization (WHO), terjatuh itu merupakan salah satu kecelakaan yang paling sering dialami oleh anak-anak lho Moms. Seperti Abang Ghanny dan Adek Zahra nih, selama di rumah aja mereka sering banget terjatuh ketika sedang melakukan aktifitas fisik, yang namanya luka ya sudah hal yang biasa.

Tapi tahukah Moms, ternyata di Indonesia banyak sekali orang tua yang belum memahami pentingnya memberikan penanganan luka yang tepat bagi anak. Jika tidak ditangani dengan baik, luka yang terjadi akibat terjatuh dapat menimbulkan infix, bahkan menyebabkan trauma yang dapat menghambat anak untuk tumbuh dan berkembang secara optimal. Dengan itu, Hansaplast menguatkan komitmennya dalam melindungi keluarga Indonesia dengan mempersembahkan program Anak Siaga Hansaplast yang bertujuan membantu orangtua dalam memberikan edukasi seputar luka kepada anak.

Anak Siaga Hansaplast



Setelah menghadirkan Hansaplast Plester dengan Bacteria Shield yang merupakan generasi terbaru Plester perawatan luka di Indonesia. Inovasi ini dipersembahkan oleh Hansaplast sebagai pelopor Plester perawatan luka, demi memberikan perlindungan terbaik bagi seluruh keluarga Indonesia, sesuai dengan komitmen Hansaplast: Selalu Ada Melindungi Keluarga Anda. Seluruh rangkaian Plester Hansaplast yang dilengkapi dengan Bacteria Shield telah teruji klinis dapat menghalang kotoran dan bakteri, sehingga memberikan perlindungan optimum dan kondisi yang ideal untuk proses penyembuhan tanpa resiko komplikasi

Marketing Director Hansaplast, Dr. Christopher Vierhaus, mengatakan, “Luka, sekecil apapun, dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, terutama bila tidak ditangani dengan baik karena beresiko menyebabkan infeksi berlanjut dan trauma pada anak. Memahami pentingnya bagi orangtua untuk mengetahui tata cara penanganan luka pada anak, selain menghadirkan teknologi Bacteria Shield, Hansaplast juga mengadakan program Anak Siaga Hansaplast yang mengemas edukasi mengenai luka dengan cara yang seru dan menyenangkan untuk diikuti bersama antara orangtua dan anak.”

Agar dapat tumbuh dan berkembang secara optimal, selain kebebasan untuk bermain dan bereksplorasi, anak juga memiliki hak untuk mendapatkan perlindungan dari orangtua. Dokter Spesialis Anak, dr. Mesty Ariotedjo, Sp.A mengatakan “Masa pandemi ini memberikan kesempatan kepada orangtua untuk bisa terlibat lebih aktif dalam kegiatan eksplorasi anak yang penting bagi tumbuh kembangnya. Orangtua perlu tahu bahwa anak membutuhkan kebebasan dalam bermain dan bereksplorasi karena aktivitas tersebut dapat menstimulasi kreativitas dan kemampuan motorik anak Selain memberikan kebebasan, sebagai pelindung bagi anak-anaknya, orangtua juga perlu memastikan keamanan lingkungan tempat anak bermain serta memiliki pemahaman yang baik mengenai luka. Karena masih banyak orangtua yang belum tahu bahwa setiap jenis luka membutuhkan perawatan yang berbeda dan perawatan luka yang tidak tepat dapat meningkatkan resiko infeksi berlanjut, bahkan trauma yang dapat mempengaruhi tumbuh kembang anak.”

Lebih lanjut dr Mesty memberikan contoh trauma yang mungkin dialami oleh anak yaitu memiliki rasa takut dan kekhawatiran yang lebih tinggi dibanding anak lain karena ia memiliki memori yang tidak menyenangkan saat terluka dulu. Karenanya penting bagi orangtua dan anak untuk mengenal jenis luka untuk mengetahui langkah perawatan seperti apa yang sebaiknya dilakukan.

Anak Siaga Hansaplast Virtual 2021 - Fun Learning & Fun Crafting

Happy sekali Abang Ghanny bisa mengikuti Anak Siaga Hansaplast Virtual 2021 - Fun Learning & Fun Crafting yang diadakan selama dua hari, yaitu 29-30 Juli 2021.

Dengan rangkaian acara yang seru dan membuat anak-anak tertarik belajar tentang luka dengan cara yang menyenangkan.

Hari pertama acara ini menghadirkan kak Ria Enes dan boneka Susan sebagai story teller. Kak Ria Enes menjelaskan bahwa saat terjadi insiden, poin terpenting yang justru paling sering dilupakan oleh orangtua adalah tetap tenang dan tidak panik. Agar anak tumbuh jadi pribadi yang tidak mudah panik, saat terjadi luka, orangtua sebaiknya tidak melarang anak untuk menangis melainkan mencoba menenangkan dengan cara meyakinkan bahwa papa dan mama ada bersamanya. Dengan sikap tenang, akan lebih mudah untuk fokus pada langkah yang seharusnya dilakukan untuk menangani luka sesuai dengan jenisnya.

Acara makin meriah karna ada fun crafting bersama kakak dari Familia Kreativa yaitu membuat Magic Card. Di sesi ini anak-anak dilatih motorik halusnya untuk membuat sampul kartu, isi kartu serta memainkan magic card tersebut.

Hari kedua acara, kak Bonchie Yoska Sudrajat yang hadir sebagai story tellernya. Anak-anak happy bisa bernyanyi bersama. Lalu ada fun crafting nya juga nih, masih dipandu oleh kakak dari Familia Kreativa yaitu membuat sticker book. Anak-anak membuatnya dengan cara menyusun tepat urutan halaman isi buku, lalu ikat dengan tali kur yang kencang, dan buku siap ditempel sticker dengan petunjuk di masing-masing halaman.


Tiga Langkah Mudah Pertolongan Pertama Pada Luka

Berikut ini 3 (tiga) langkah mudah pertolongan pertama yang dapat diikuti orang tua saat anak mengalami luka ringan di rumah:

  1. Bersihkan: Bersihkan luka dari kotoran untuk mencegah infeksi. Gunakan Hansaplast Spray Antiseptik yang dilengkapi Polyhexamethylene (PHMB) yang dapat mengobati luka tanpa rasa perih.
  2. Lindungi: Lindungi luka dari kotoran dan bakteri untuk mencegah infeksi. Gunakan Plester Hansaplast dengan Bacteria Shield yang telah teruji secara klinis dapat melindungi luka dari kotoran dan bakteri penyebab infeksi.
  3. Sembuhkan: Setelah luka mulai mengering, rawat luka dengan Hansaplast Salep Luka untuk mencegah bekas luka.

Wah banyak sekali ya insight yang di dapat dari acara Anak Siaga Hansaplast Virtual ini, menyadarkan kita sebagai orangtua akan pentingnya memahami tata cara penanganan luka pada anak. Semoga setelah memiliki kemampuan yang cukup untuk membantu menangani luka-luka ringan yang dapat terjadi di rumah, kita sebagai orangtua dapat menurunkan resiko infeksi dan anak-anak pun dapat lebih tenang dan nyaman dalam menjalankan kegiatan eksplorasi belajar dan bermain yang sangat mereka butuhkan untuk tumbuh dan berkembang secara optimal.



### TERIMA KASIH ###

4 komentar

  1. Wah seru banget, sampai ada boneka susan, plesternya banyak varian juga ya, apalagi ada sticker book, lucu bgt!

    BalasHapus
  2. Acaranya menyenangkan bgt nih utk anak2. Kalo sering ada acara kyk gini, anak2 ga bakal cranky deh ya walau di rmh aja.

    BalasHapus
  3. Seru ya mom's acaranya, anak anak jadi bisa belajar dan bermain bersamaan. Dan jadi tau nih produk barunya Hansaplast. Makasih mom infonya ☺️

    BalasHapus
  4. Hansaplast selalu bikin momen seru dirumah yang edukatif dan bikin anak hepi

    BalasHapus