Tummypedia, 3 Langkah Hebat Untuk Tumbuh Kembang Optimal Anak

Hai Assalamualaikum..

Apa kabar teman-teman semua? Semoga semua dalam keadaan sehat dan tetap semangat.


Rabu lalu tanggal 24 Maret 2021, aku mengikuti IG Live bersama Bebeclub dan Popmama, dengan tema "Tummytalk: Mitos Masalah Perut si Kecil Yang Sering Salah" bersama Narasumber :

❤ dr. Gia Pratama (Pemerhati Keesehatan Anak)
❤ Cici Desri (Ibu Hebat Bebelac)



dr. Gia pratama menjelaskan bahwa pencernaan bukan hanya usus, melainkan ada mulut, tenggorokan, lambung, usus besar dan kecil, pancreas, dan hati. Pencernaan sendiri adalah sebuah sistem yang sangat kompleks, dan kita harus memastikan semua sistem tersebut berjalan dengan baik.

Lalu, bagaimana cara kita mengetahui pencernaan kita sudah sehat? Berikut kriteria nya :
  1. Buang air besar lancer dan teratur
  2. Feses berwarna coklat, tidak keras/tidak encer
  3. Buang gas, sendawa dalam beberapa kali sehari
  4. Berat badan stabil
  5. Mood/suasana hati stabil
  6. Kulit terlihat sehat
  7. Rambut kuat, lebat, tidak rontok dan tidak mudah patah

Mitos Masalah Pencernaan

Banyak sekali mitos-mitos tentang masalah pencernaan yang sering salah, dr. Gia menceritakan salah satunya yaitu tentang warna BAB itu mempengaruhi tingkat keparahan suatu penyakit.

Faktanya, warna BAB itu menunjukan penyebab suatu penyakit. Penyebabnya bisa karan infeksi, bakteri, virus, jamur serta alergi, dan itu yang membuat warna BAB jadi berbeda. Setelah tahu penyebabnya, penyembuhan melalui terapi sesuai penyebabnya.

Kunci Menjaga Kesehatan Pencernaan

Banyak hal yang bisa kita lakukan dalam menjaga kesehatan pencernaan anak, yaitu :
  1. Penuhi nutrisinya, berikan makanan yang bernutrisi
  2. Pastikan harus cukup serat
  3. Batasi makanan yang berlemak
  4. Mengkonsumsi makanan yang mengandung probiotik
  5. Beri makan sesuai jadwal
  6. Olahraga secara teratur
  7. Good habbit is a key, contohnya : menjaga pola hidup sehat

Pentingnya Mengkonsumsi Serat

Pencernaan yang sehat dibutuhkan serat yang cukup. Menurut Amercan Academy of Pediatric, anak usia 2-18 tahun kebutuhan seratnya senilai usia + 5 gram. Misal untuk anak 3 tahun, jadi kebutuhan seratnya adalah 8 gram (3 + 5 gram = 8 gram).

Kesehatan pencernaan anak sangat mempengaruhi seluruh kondisi tubuh anak dan perkembangan otaknya. Jadi, sangat penting sekali bagi kita sebagai orangtua harus memantau dan menjaga kesehatan pencernaan anak setiap hari untuk tumbuh kembang anak yang optimal.

Selain memantau asupan serat, agar tumbuh kembang anak yang optimal salah satunya dengan memilih susu yang tepat. Susu yang tepat yaitu susu yang tinggi serat dan kaya akan nutrisi. Ini bisa kita dapatkan pada susu Bebelac Gold lho Moms.

Tummypedia

Senang sekali saat ini Bebclub menghadirkan Tummypedia untuk memudahkan orangtua untuk memantau kesehatan perut si Kecil di rumah. Tummypedia ini mempunyai 3 fitur yaitu :

1. Cek kondisi pup si kecil dengan detector pup
Jadi dengan detector pup ini, kita bisa mengetahui kondisi pencernaan anak kita sesuai dengan bentuk dan warna pupnya. Setelah aku cek alhamdulillah kondisi pencernaan anakku sehat.


2. Cek asupan serat dan nutrisi dengan kalkulator nutrisi
Jadi di kalkulator nutrisi ini, kita bisa mengetahui kandungan nutrisi makanan yang anak kita makan setiap hari gitu Moms, nah td ketika aku cek sedih deh ternyata anakku masih kurang serat. Jadi aku harus lengkap kebutuhan serat harian anakku nih.


3. Download hasil Tummypedia Report
Setelah kita cek kondisi pencernaan anak dan kebutuhan asupan serat serta nutrisi harian anak, kita bisa download hasil Tummypedia Report dengan diagnosis awal dokter yang sesuai dengan kondisi dan perkembangan anak kita. Di Tummypedia Report ini kita juga diberikan rekomendasi menu mingguan lezat yang tinggi serat. Dan yang pasti Tummypedia Report ini bisa kita konsultansikan ke Dokter.



Jadi sekarang kita gak perlu galau lagi deh Moms untuk memantau kesehatan pencernaan anak kita. Cobain juga yuk Moms Tummypedia di bebelac.co.id/tummypedia yaa!

Nah, aku mau kasih info yang penting nih Moms, kalau saat ini Tummypedia lagi ada kompetisi yang bisa kita ikuti nih. Caranya gampang banget, yaitu :

  1. Upload foto Moms saat menggunakan Tummypedia
  2. Tulis pada caption: “Tummypedia membantuku untuk cek pencernaan anak dan dukung hebatnya…” (lanjutkan sesuai pengalaman yang Moms rasakan)
  3. Mention @bebeclub dan 3 orang teman
  4. Gunakan hashtag #Tummypedia #GrowThemGreat
Periode kompetisi 24 Maret – 30 April 2021. Akan ada 5 pemenang tiap minggunya yang berhak mendapatkan voucher belanja senilai Rp. 100.000,- dari Bebeclub! Kita bisa submit lebih dari satu kali supaya kesempatan untuk menang semakin besar. Aku juga sudah ikutan, lho.






### TERIMAKASIH ###

2 komentar

  1. Terimakasih untuk infonya ,sangat bermanfaat sekali

    BalasHapus
  2. Owalah aku baru tau istilah tummypedia
    Maaciw mom informasi nya

    BalasHapus