Frisian Flag Hadirkan Logo “Centang Hijau” Pilihan Lebih Sehat

 

Dalam memperingati Hari Kesehatan Sedunia yang jatuh setiap tanggal 7 April, saya bersama Mom Blogger Community mengikuti webinar “Konsumsi Berkesadaran untuk Pilihan Asupan yang Lebih Baik, Investasi untuk Masa Depan” yang diadakan oleh Frisian Flag.

Acara webinar tersebut menghadirkan narasumber, yaitu :

  • Dra. Rita Endang., Apt., M.Kes (Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan BPOM)
  • Andrew F Saputro Z (Corpotare Affairs Director PT Frisian Flag Indonesia)
  • Seala Septiani, S. Gz, M. Gizi (Nutrisionis)



 

Dra. Rita Endang menjelaskan tentang Undang-Undang No. 18 Tahun 2012 Tentang Pangan “… bahwa Negara berkewajiban mewujudkan ketersediaan, keterjangkauan, dan pemenuhan konsumsi pangan yang cukup, aman, bermutu dan bergizi seimbang…”



Salah satu opsi kebijakan adalah mempromosikan Pola Pangan Sehat, melalui program :

  • Mengembangkan pedoman yang mendorong masyarakat untuk mengurangi asupan garam, memperbanyak konsumsi buah dan sayur, mengganti asupan asam lemak dengan asam lemak tak jenuh, mengurangi asupan gula bebas dan gula tambahan, serta membatasi kalori dan mengurangi porsi konsumsi.
  • Mempromosikan ketersediaan pangan sehat pada institusi public
  • Mempertimbangkan alat ekonomi (pajak, subsidi, atau pemberian insentif) terkait perilaku yang mendukung pola pangan sehat
  • Melakukan kampanye publik yang mendorong masyarakat untuk melakukan perilaku hidup sehat
  • Mengembangkan pelabelan gizi untuk pangan olahan




Peraturan BPOM No. 31 Tahun 2018 tentang Label Pangan Olahan, tertuang pada Pasal 43 bahwa :

  • Keterangan kandungan gizi dan/atau non gizi WAJIB dicantumkan pada label
  • Pencantuman dalam bentuk table informasi nilai gizi
  • Persyaratan dan tata cara pencantuman ING sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan



Logo “Pilihan Lebih Sehat”

Logo pilihan lebih sehat bertujuan agar dapat memudahkan konsumen dalam memilih pangan yang akan dikonsumsi. Sangat penting untuk kita sebagai konsumen membaca label, dengan cek kemasan, label, izin edar, dan kadaluwarsa. Dengan melihat informasi nilai gizi pada label, sehingga dapat melihat apakah produk tersebut dapat memenuhi kebutuhan gizi.

Saat ini logo “Pilihan Lebih Sehat” baru ditemukan pada minuman siap konsumsi dan pasta serta mie instan. Pada minuman siap konsumsi, profil gizi yang telah ditetapkan adalah batas maksimum gula 6 gram per 100 ml. Sedangkan untuk pasta dan mie instan sehat adalah yang mengandung lemak total batas maksimum 20 gram/100 gram dan  garam (natrium) batas maksimumnya 900 mg per 100 gram.


Diharapakan dengan pengaturan logo Pilihan Lebih Sehat tersebut, dapat:
  • Membuat produsen menyediakan pilihan “pangan yang lebih sehat” untuk konsumen disesuaikan dengan kebutuhan gizinya.
  • Menurunkan tingkat asupan GGL di masyarakat.
  • Mengedukasi konsumen untuk menjadikan kandungan gizi sebagai salah satu penentu “keputusan membeli” pangan olahan.
  • Menciptakan persaingan sehat di kalangan industri dengan mendorong reformulasi dalam menyediakan pangan olahan yang lebih sehat.

Mindful Consumption


Seala Septiani, M. Gizi, menjelaskan tentang mindfull eating, yaitu THINK before you EAT. 
Lakukan Observasi, apakah kita lapar atau haus? Lalu harus menikmati rasa makanan. Harus mengenali emosi perasaan saat makan. Hindari multitask kegiatan lain saat makan. Dan tingkatkan awareness.




Konsep eating behaviour yang menekankan pada process-oriented (rasanya enak, mengenyangkan, nikmat, cukup) daripada outcome-oriented (kurus, langsing, biar gak gemuk); cara makan dengan kesadaran penuh.

Bagaimana Cara Memulai Mindfull Consumption :

  • Pengetahuan tepat bagaimana kebutuhan makan harian bergizi seimbang. Dengan mengetahui “Tumpeng Gizi Seimbang”.

  • Cermat mempelajari produk yang dibeli. Sebagai konsumen, lebih cermat membaca informasi pada kemasan produk sebelum menjadi stok pilihan makanan keluarga : Cek Informasi Nilai Gizi, Label / klaim produk, Peruntukan usia dan cara konsumsi serta jumlah konsumsi yang disarankan.

 

Frisian Flag Indonesia dengan Logo “Centang Hijau” Pilihan Lebih Sehat



Frisian Flag Indonesia sebagai produsen olahan pangan, yang diwakili oleh Corporate Affairs Director Frisian Flag Indonesia, Andrew F. Saputro, menjelaskan bahwa komitmen perusahaan untuk turut berkontribusi dalam peningkatan status gizi masyarakat Indonesia dan menyambut dengan dengan baik kebijakan BPOM yaitu menerapkan Logo Pilihan Lebih Sehat, Frisian Flag Indonesia saat ini sudah menerapkan logo ini pada rangkaian produk susu siap minum purefarm andalannya.


Selain dengan Pilihan Lebih Sehat, Frisian FIag Indonesia juga menghadirkan kemasan produk yang ramah lingkungan, yaitu terdapat logo Forest Stewardship Council (FSC) di kemasan yang artinya bahwa bahan baku untuk kemasan karton yang digunakan berasal dari sumber yang dikelola dengan cara yang bertanggung jawab dan berkelanjutan.



Susu Siap Minum Frisian Flag Purefarm Flavour mengandung rangkaian zat gizi makro (zat gizi penting: protein, karbohidrat dan lemak) serta gizi mikro (multivitamin dan multimineral) dengan rasa yang enak dan lezat dan juga membantu membentuk pola gaya hidup sehat. Susu Siap Minum Frisian Flag Purefarm Flavour tersedia dalam berbagai varian rasa seperti rasa Coconut Delight, Strawberry, Swiss Chocolate, Kacang Hijau dan Sweet Delight.




### TERIMA KASIH ###

Tidak ada komentar

Posting Komentar