Menjadi Ibu Sigap Jaga Imunitas Keluarga Dengan Imugard



Tak terasa sudah setahun lebih kita menjalani hidup ditengah kondisi pandemi Covid-19 ini. Sebagai seorang ibu, kita mempunyai tugas untuk selalu menjaga kesehatan keluarga. Nah, kemarin saya berkesempatan untuk belajar bersama teman-teman di komunitas MBC (Mom Blogger Community) di webinar yang diadakan oleh Imugard, dengan Narasumber Dr. (Cand.) dr. Inggrid Tania, M.Si.(Herbal) selaku Ketua Umum PDPOTJI (Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia) dan Apt. Agie Avionico Gaudart, S.Farm selaku Brand Manager Imugard.




dr. Inggrid Tania membahas tentang Peran Herbal Indonesia sebagai Imunomodulator Alami untuk mejaga kesehatan keluarga. Seperti yang kita ketahui dari berbagai sumber bahwa saat ini jumlah orang yang terinfeksi virus Covid-19 terus meningkat, hal itu pasti membuat kita makin khawatir dalam menjalani aktivitas. Namun kita bisa mencegah penyebarannya dengan menjaga imunitas dan daya tahan tubuh serta menjalani Protokol Kesehatan 5M, yaitu :
  • Memakai masker dengan baik dan sesuai standar
  • Mencuci tangan menggunakan sabun di air mengalir
  • Menjaga jarak minimal 2 meter
  • Menghindari kerumunan
  • Membatasi mobilitas dan interaksi

Sistem imun (Kekebalan tubuh)



Sistem imun adalah semua mekanisme tubuh untuk mempertahankan keutuhannya terhadap bahaya dari luar tubuh maupun dalam tubuh sendiri seperti patogen, bakteri, virus, jamur dan parasit agar tidak dapat masuk ke dalam tubuh kita yang dapat menyebabkan penyakit.



Gangguan Sistem Imun


Jika Sistem Imun tidak adekuat akan menyebabkan infeksi dan keganasan. Jika sistem imun berlebih akan menyebabkan autoimun, hipersensitif (alergi).

Tingkat keparahan infeksi tergantung pada Patogenisitas (kemampuan agen infeksi untuk menimbulkan penyakit), jumlah mikroorganisme, dan sistem imun tubuh manusia.




Respon Sistem Imun



Masuknya Patogen ke dalam jaringan tubuh akan memicu respon sistem imun “alarm” sel yaitu terjadi inflamasi, lalu Patogen juga akan ditangkap oleh sel dendrit, Sel dendrit yang telah menangkap antigen bermigrasi ke nodus limfa dan mengaktivasi limfosit, lalu terjadi pembentukan antibodi yang spesifik terhadap antigen tersebut, antibodi dan limfosit terktivasi akan bermigrasi ke tempat inflamasi untuk melisis pathogen.

Imunomodulator


Imunomodulator adalah zat atau substansi yang dapat memodifikasi respon imun, mengaktifkan mekanisme pertahanan alamiah maupun adaptif yang dapat mengembalikan ketidakseimbangan sistem imun yang terganggu.



Beberapa Contoh Imunomodulator Herbal

1. Echinacea (Echinacea purpurea) bersifat imunostimulasi, manfaatnya dapat mempercepat penyembuhan selesma dan infeksi saluran pernafasan atas, maksimal pemakaian selama 8-16 minggu berturut-turut, kontra-indikasi untuk penyakit autoimun.

2. Meniran (Phyllanthus niruri) bersifat imunostimulasi, dapat membantu mempercepat penyembuhan infeksi virus cacar air, aman untuk pemakaian jangka panjang

3. Kunyit (Curcuma longa / Curcuma domestica) bersifat imunostimulasi juga bersifat anti-radang, dapat memelihara dan memperbaiki sistem pencernaan, aman untuk pemakaian jangka panjang

4. Daun Kelor (Moringa oleifera) bersifat imunostimulasi, sumber nutrisi: kalsium, zat besi, fosfor, kalium, zinc, protein, vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, vitamin E, vitamin K, asam folat dan biotin, aman untuk pemakaian jangka panjang

Peran Imunomodulator Herbal

  • Stimulasi self regulating capacity
  • Daya tahan tubuh meningkat
  • Menurunkan kerentanan terhadap infeksi
  • Pemulihan yang cepat dari infeksi

Banyak Herbal Indonesia yang punya peranan sebagai imunomodulator yang dapat dikombinasikan untuk mendapatkan efek modulasi respon imun yang lebih optimal dengan tetap mengutamakan pertimbangan keamanan pemakaian jangka panjang. Manfaat lain dari kombinasi imunomodulator herbal (meniran + kunyit + daun kelor): sifat anti peradangan yang bersinergis, keunggulan kunyit dalam memperbaiki sistem pencernaan, keunggulan daun kelor sebagai sumber nutrisi yang cukup seimbang.




Selanjutnya akan dijelaskan oleh Apt. Agie Avionico Gaudart, S.Farm selaku Brand Manager Imugard.

IMUGARD adalah Produk Herbal untuk meningkatkan daya tahan tubuh dengan 3 in 1 herbal formula yaitu Meniran, Daun Kelor dan Kunyit

MENIRAN bermanfaat untuk membantu memelihara daya tahan tubuh


DAUN KELOR dapat melengkapi kebutuhan nutrisi

KUNYIT dapat memperbaiki sistem pencernaan dan meningkatkan daya tahan tubuh



Saran Penggunaan

• 1 kaplet setiap hari untuk menjaga daya tahan tubuh

• 2 kaplet saat kondisi tubuh dirasa sedang turun / drop sampai membaik, lalu lanjutkan dengan 1 kaplet setiap hari.

Dapat diminum oleh anak diatas 12 tahun, dewasa, dan lansia.




Available at Online Store: 

Deltomed Store (Official)


Available at Offline Store:

Century, Watson, Apotek & Toko Obat Retail





### TERIMA KASIH ###

2 komentar

  1. Kerenn yaa mom skrg udah ada inovasi terbaru. Penting banget ini apalgi dimasa pandemi spt skrg ini☺

    BalasHapus
  2. Ternyata tanaman herbal manfaatnya bisa maksimal ya kalau diolah dgn baik. Gak nyangka aku ternyata meniran bisa buat jaga daya tahan tubuh jg.

    BalasHapus