Review Service Rutin dan Ganti Oli di Planet Ban

Memiliki kendaraan berarti tau yaa kalau kewajibannya adalah merawat kendaraan agar tetap berfungsi dengan baik. Hal yang wajib dilakukan biasanya adalah service rutin dan ganti oli kendaraan.

Kali ini aku mau berbagi pengalaman service rutin dan ganti oli motor ku di Planet Ban. Lho kok di Planet Ban sih?

Kalian pasti mengira nya Planet Ban adalah hanya tempat jual beli ban kan? Samaaaa.. hehehe awalnya aku mengira begitu juga. Tapi beberapa waktu lalu aku gak sengaja lewat storenya karna dekat dengan rumah, dan baru ngeuh kalau ternyata disitu bisa juga untuk melakukan service rutin dan ganti oli motor.

First Impression Service Rutin dan Ganti Oli di Planet Ban

Tibalah jadwal motorku untuk service rutin dan ganti oli, aku langsung ke Planet Ban yang lokasinya dekat dengan rumah. Sampai disana langsung disambut oleh petugas atau teknisinya dan ditanya jenis service apa yang kita inginkan.

Karna aku mau service rutin dan ganti oli, lansung saja aku sampaikan ke teknisinya dan memarkirkan motor di bawah banner bertuliskan “ganti oli & service”.




Sebelumnya ditanya dulu nih sama petugasnya untuk registrasi, registrasinya pun sekarang gak manual namun computerized dengan menggunakan tablet. Lalu aku ditanya apa sudah punya member atau belum, kalau belum kita bisa scan barcode yang ada dimeja kasir dan mendowloand apps PLANET. Lalu setelah mendaftar nanti kita akan diberikan referral code untuk mendapatkan voucher potongan harga. Keren banget yaaa.

Setelah registrasi selesai langsung deh proses service dan ganti oli motor dilakukan oleh teknisi. Servis rutin di Planet Ban meliputi pengecekan dan penyetelan ban, rem, radiator, air filter, busi, ECU, dan rantai. Teknisinya info ke aku, kalau servis rutin disini itu merupakan perawatan motor dengan skala ringan so direkomendasikan setiap 2-3 bulan sekali kita wajib service motor yaa bestieee..




Nah, servis rutinnya dilakukan dengan menggunakan cairan pembersih khusus, yaitu X-Ten Throttle Body Intake Cleaner. Cairan pembersih ini berfungsi untuk membersihkan throttle body, biasanya disemprotkan ke throttle body melalui lubang filter udara. Cairan tersebut akan membersihkan throttle body yang kotor, membaca sensor yang kurang baik, serta kinerja pembakaran yang tidak sempurna.

Gak Cuma pakai X-Ten Throttle Body Intake Cleaner, tapi memakai X-Ten Dust & Grease Cleaner juga yang digunakan untuk membersihkan ruang CVT atau bagian rantai motor. Caranya dengan menyemprotkannya ke part CVT yang telah dibongkar, tapi kita gak perlu khawatir karena penyemprotannya gak akan mengenai CVT belt kok. Karna sudah ada X-Ten CVT Conditioner yang digunakan untuk melumasi CVT belt motor matic agar tetap kuat dan elastis.

Yang bikin takjub, servis rutin di Planet Ban ini ternyata paket servis motor paling murah lho. Eitss tapi kualitasnya ok banget! Bisa bikin mesin motor tetap awet, tarikan mesin seperti mesin baru ^^

Memilih Jenis Oli Untuk Motor

Karna motor yang aku pakai ini adalah motor matic, so membutuhkan oli yang dikhususkan untuk motor matic.

Teknisinya memberikan oli Ester Synthetic Oil X-Ten (XT-30 Matic) yang sudah tersertifikasi JASO MB / API SL. Sebelum ganti oli, oli yang lama dikuras terlebih dahulu menggunakan mesin vacuum khusus, jadi prosesnya cepat banget. Gak perlu bongkar-pasang baut dan lebih bersih juga karena olinya gak berceceran.



Sambil teknisinya ganti oli, aku tanya-tanya tuh trus kata teknisinya, oli ester ini 2 kali lipat lebih tahan lama dari oli biasa. Jadi kita gak perlu ganti oli setiap bulan, sekitar 2 bulan sekali aja juga cukup.

Berdasarkan info yang aku baca, ternyata oli dengan bahan dasar ester itu punya beberapa kelebihan dibanding oli biasa, yaitu :
1. Lebih tahan lama
2. Menjaga suhu mesin motor lebih dingin saat putaran tinggi
3. Melapisi dan memproteksi komponen dalam mesin dari friksi untuk mengurangi keausan (antifriksi)
4. Membuat mesin lebih awet
5. Membantu membersihkan kotoran sisa proses pembakaran dari mesin



Setelah selesai semua, langsung deh melakukan pembayaran dikasir. Jangan khawatir kalau gak bawa cash, karna di Planet Ban ada banyak pilihan metode pembayarannya kok, bisa pakai debit/kredit, bisa juga pakai QRIS.

Begitulah ya kira-kira pengalamanku Service Rutin dan Ganti Oli di Planet Ban. Pelayanan yang super ramah, cepat dan praktis.





### TERIMA KASIH ###

Tidak ada komentar

Posting Komentar