TIPS MENGELOLA KESEHATAN FISIK & FINANSIAL KELUARGA

Live Healthier Lives
Moms pasti setuju kalau peranan yang sangat penting dalam menjaga kesehatan keluarga adalah kita, moms sebagai Guardian of the family. Kesehatan fisik kita dapat menjaga nya dengan menerapkan pola hidup sehat di keluarga. Tahukah moms, selain itu ada hal yang tak kalah penting juga harus kita jaga, yaitu kesehatan finansial.
Pas banget dengan apa yang sudah saya tulis diatas, pekan lalu saya berkesempatan hadir diacara “MOMS MINGLE : MOM AS THE GUARDIAN OF THE FAMILY” yang diadakan oleh Kumparan X Sun Life bertempat di Kopi 89 Kemang.
Di acara tersebut Sun Life menghadirkan seorang Financial Planner yaitu Ibu Ila Abdulrachman yang akan mengupas tuntas kenapa sih moms harus mengerti bagaimana cara mengatur keuangan keluarga.
Awal mula permasalahan keuangan dalam keluarga yaitu : Besaran & sumber income, Beban keuangan masa lalu, Pengelolaan keuangan yang tidak stabil, dan Berhentinya income.
Membahas tentang pengelolaan keuangan, Ibu Ila menjelaskan perbedaan antara Kebutuhan dan Keinginan. Kebutuhan itu sendiri adalah suatu hal yang harus terpenuhi, apabila tidak terpenuhi maka kehidupan bisa terancam. Sedangkan keinginan adalah suatu hal yang kita inginkan dan apabila tidak terpenuhi maka biasa-biasa saja.Setelah kita tahu perbedaan antara kebutuhan dan keinginan, maka kita bisa memulai membuat budgeting cash flow plan yang sehat agar “kebutuhan terpenuhi dan keinginan terwujud bersamaan”.
Berikut ciri keuangan yang sehat sbb :
1. Cash flow positif2. Santai ketika terjadi krisis (memiliki dana darurat & asuransi)3. Rutin menabung / berinvestasi (minimal 10%)4. Rasio cicilan utang maks 35% dari income5. Santai dengan yang dipakai tetangga atau orang lain
Untuk bisa menerapkan keuangan yang sehat, maka kita harus melakukan budgeting untuk pengeluaran kita dengan rumus yang ideal sbb :
1. Sosial 10% (hal yang wajib kita keluarkan pertama)2. Hutang produktif 30%3. Living cost 40%4. Investasi 15%5. Asuransi 5%
Ibu Ila juga memberikan tips agar keuangan keluarga kita semakin sehat yaitu :
1. Lunasi hutang konsumtif2. Mulai membentuk dana darurat3. Beli proteksi / asuransi4. Menabung dan beriventasi yang pintar.
Keren banget kan ternyata ilmu finasial yang Ibu Ila sudah kasih ke kita. Bermanfaat banget untuk kita moms as Guardian of the Family.
Hmmm, jadi flashback awal menikah, Saya dan Pak Suami langsung berinvestasi dalam bentuk reksadana pasar uang untuk masa depan kami, serta asuransi pendidikan untuk anak-anak kami kelak, dan tak lupa mempunyai dana darurat yang tidak boleh kami pakai untuk apapun kecuali dalam keadaan kritis.
Thank you Kumparan & Sun Life Indonesia sudah memfasilitasi kami para moms untuk mendapat banyak ilmu yang sangat bermanfaat.
#LiveHealthierLives #Momsmingle

1 komentar

  1. Asyik banget nih bisa ikutan event bermanfaat kayak gini, secara... ibu-ibu butuh banget :)

    BalasHapus