PENTINGNYA MENJAGA SISTEM IMUN MESKIPUN SUDAH DIVAKSIN

Hai hai.. Apa kabar teman-teman semua? Semoga sehat selalu yaaa..

By the way, kalian sudah divaksin, kan? Alhamdulillah kalau sudah divaksin, Aku juga sudah lengkap vaksinnya nih. Jika belum, yuk segerakan divaksin untuk ikhtiar agar kita terhindar dari penularan virus Covid-19 yang belum usai hingga kini.

Meskipun kondisi pandemi semakin membaik dan angka kasus Covid-19 sudah mengalami penurunan, serta banyaknya masyarakat yang sudah divaksin, namun tetap penting untuk menjaga imunitas sebagai garda pertama kesehatan tubuh kita.

Sayangnya, masih banyak yang beranggapan bahwa imunitas tubuh telah cukup terlindungi setelah vaksin. Padahal, lebih dari sekedar mengurangi resiko terinfeksi COVID-19, imunitas yang baik melindungi tubuh dari penyakit lain seperti flu yang bisa menyebabkan kekhawatiran dalam keluarga selama pandemi masih berlangsung dan bahkan setelah pandemi.



Tanggal 19 Oktober 2021 lalu, saya mengikuti “Rhea Health Tone Re-launch Virtual Press Conference: Strategi Mempertahankan Imunitas dengan Suplemen Herbal Alami”. Acara ini menghadirkan narasumber sebagai berikut :

  • Dr. Haig Babikian (Managing Director Rhea Pharmaceutical)
  • Ivan Wibowo Hudyana (President Director Rhea Indonesia)
  • Prof. Dr. dr. Iris Rengganis, SpPD, KAI (Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Konsultan Alergi Imunologi)
  • Prof. Dr. Apt. Keri Lestari, M.Si (Guru Besar Farmakologi & Farmasi Klinik Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran)


Prof. Dr. dr. Iris Rengganis, SpPD, KAI Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Konsultan Alergi Imunologi menjelaskan mengapa pentingnya untuk tetap tidak lengah menjaga kondisi imunitas meskipun telah divaksin?

Karena sistem imunitas atau daya tahan tubuh memiliki peran besar dalam melindungi tubuh dari bakteri dan virus penyebab penyakit.

Jika sistem imunitas tubuh lemah, tubuh tidak akan mampu untuk melawan berbagai mikroorganisme penyebab penyakit. Gaya hidup serta kondisi kesehatan bawaan juga mempengaruhi respon imunitas tubuh kita.

Imunitas yang baik berperan lebih dari sekedar mengurangi resiko terkena penyakit seperti COVID-19 atau penyakit ringan seperti flu, namun juga mendukung proses pemulihan apabila terkena penyakit.

Selain aktif berolahraga dan pola makan sehat, asupan suplemen yang tepat bisa melengkapi upaya kita mengoptimalkan kesehatan tubuh kita.

Bagaimana cara meningkatkan sistem imun?


Meningkatkan sistem imun bisa dilakukan dengan cara :
  • Rajin mencuci tangan dengan sabun di air mengalir selama 20-30 detik
  • Makan sayur dan buah, kurangi gula dan garam
  • Minum air putih 8 gelas sehari
  • Berolahraga ringan dan teratur di rumah minimal 30 menit/hari
  • Banyak tersenyum. hindari beban pikiran dan stress
  • Kontrol berat badan
  • Tidur yang cukup 8 jam/hari
  • Tidak merokok dan minum alkohol

IMUNOMODULATOR




Prof. Dr. dr. Iris Rengganis, SpPD, KAI menjelaskan bahwa penggunaan imunomodulator dimasa pandemi dan setelah vaksinasi sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita agar selalu siaga pada level adekuat.

Imunomodulator adalah suplemen yang mampu memodulasi (meningkatkan/menekan) level imun sesuai dengan kebutuhan/kondisi tubuh. 

Imunomodulator bekerja dengan dua cara, yaitu :
  1. Imunostimulan : dengan menstimulasi level imun ketika tubuh mulai sakit
  2. Imunosupresif : dengan menekan level imun kembali ke level seimbang

Dengan berbagai jenis vaksin yang memiliki efikasi berbeda dan adanya mutasi virus akan menurunkan efikasi vaksin sehingga protokol kesehatan tetap harus dijalankan. Dan Imunomodulator ini bermanfaat dalam meningkatkan respon imun, sehingga dapat dipertimbangka untuk diberikan setelah vaksinasi.


Rhea Indonesia hadirkan Rhea Health Tone, suplemen minyak esensial pertama di Indonesia dari bahan herbal alami untuk bantu tingkatkan daya tahan tubuh


Rhea Indonesia memperkenalkan kembali inovasi terbarunya, Rhea Health Tone, suplemen imunomodulator minyak esensial pertama di Indonesia yang berasal dari ekstrak tanaman herbal alami untuk melindungi sel tubuh dari stres oksidatif dan radikal bebas.

Produk ini berawal dari hasil penelitian perusahaan farmasi Rhea Pharmaceutical Science asal Armenia, yang kini telah diproduksi secara lokal di Indonesia.

Rhea Health Tone terbuat dari ekstrak tanaman herbal alami seperti bunga kacapiring, minyak mur, kemenyan India, adas, wortel liar, dan minyak zaitun.
Beragam kandungan herbal tersebut memiliki fungsi anti inflamasi, antibakteri, antiviral dan antioksidan untuk meningkatkan daya tahan tubuh atau imunitas. 



Rhea Health Tone juga telah mendapatkan izin dari BPOM sebagai imunomodulator serta sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia.

Ivan Wibowo Hudyana selaku President Director Rhea Indonesia menyatakan bahwa dengan sekedar mengurangi resiko terkena penyakit seperti flu di masa pandemi ini, otomatis kita juga mengurangi rasa was was dan khawatir atas diri kita sendiri dan keluarga kita.

Ada hikmah dibalik pandemi ini, dimana kini semakin banyak masyarakat yang berupaya untuk hidup lebih sehat. Gaya hidup sehat ini akan menjadi sebuah kebiasaan baru setelah pandemi usai.

Untuk mengimbangi kebutuhan konsumen dalam melengkapi gaya hidup sehat dengan suplemen yang teruji bisa meningkatkan imunitas, maka Rhea Indonesia pun mulai memproduksi Rhea Health Tone dalam negeri agar memudahkan konsumen untuk mengakses produk yang sudah dipercaya ini dengan jaringan distribusi yang lebih luas serta harga yang lebih terjangkau, jelas Ivan.



Pada kesempatan yang sama, Prof. Dr. Apt. Keri Lestari, M.Si Guru Besar Farmakologi & Farmasi Klinik Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran juga menyampaikan tentang hasil uji klinis terhadap pasien COVID-19.

Uji klinis multisenter dan randomized Rhea Health Tone dilaksanakan di Rumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC) Wisma Atlet Jakarta dan Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. Hasan Sadikin Bandung.

Uji klinis ini bermaksud mengetahui efikasi dan keamanan penggunaan Rhea Health Tone untuk membantu pemulihan pasien COVID-19, hasil uji klinis menunjukkan pemberian Suplemen Rhea Health Tone Oil dapat mempersingkat masa rawat inap pasien COVID-19 dengan gejala ringan hingga sedang, meskipun tidak signifikan secara statistik, dengan masa rawat inap maksimum yang lebih singkat (17 vs 39) hari.


Suplemen Rhea Health Tone juga menunjukkan perbaikan parameter IL-6 dan IFN gamma yang signifikan secara statistik, konversi PCR dari positif ke negatif yang lebih banyak dalam kurun waktu yang sama, status klinis subjek yang lebih baik terutama laju pernapasan, dan pengamatan rontgen dada.

Disamping itu, Suplemen Rhea Health Tone tidak menunjukkan perubahan signifikan dari parameter SGOT, SGPT dan kreatinin, nilai perpanjangan QTc, dan jumlah Adverse Event dan SAE, sehingga penggunaannya aman untuk membantu terapi pasien COVID-19 kategori ringan dan sedang.


Ditutup dengan penyampaian dari Dr. Haig Babikian selaku Managing Director Rhea Pharmaceutical yang mengatakan bahwa meskipun penggunaan herbal alami untuk kesehatan telah lama dipercaya di Indonesia, namun masih sedikit informasi mengenai manfaat herbal alami yang berlandas penelitian atau uji klinis yang kredibel dan terbukti.

Karena itu, Rhea Indonesia melakukan uji klinis produk Rhea Health Tone yang berkolaborasi dengan Prodia dan sejumlah Rumah Sakit, dengan tujuan untuk menemukan insight atau pengetahuan mendalam mengenai manfaat kandungan herbal alami yang ada dalam produk Rhea.

Diharapkan kedepannya pengetahuan tersebut juga bisa membantu kami berinovasi lanjut untuk menghadirkan produk kesehatan berbahan alami lain yang memiliki kredibilitas sains.

Dr. Haig mengakhiri, “Pengalaman pandemi ini menyadarkan kita bahwa kesehatan adalah harta paling berharga. Kesehatan adalah sebuah investasi jangka panjang, dan kami berharap Rhea bisa menjadi pelengkap upaya konsumen untuk hidup lebih sehat.”



Nah, Rhea Health Tone dapat dibeli di toko obat dan apotik terdekat, Watsons, e-commerce seperti Tokopedia, Shopee dan lainnya. Rhea Health Tone juga telah mendapatkan izin BPOM serta mendapat sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia.






Tentang PT. Rhea Sciences Indonesia

 

PT Rhea Sciences Indonesia adalah perusahaan biofarmasi dengan pengalaman gabungan dalam suplemen alami dan desain molekul kimia, sintesis, mikrobiologi dan penelitian virologi yang berbasis natural. Portofolio produk kami berfokus pada produk anti-infektif, antibakterial, dan anti-peradangan



### TERIMA KASIH ###

Tidak ada komentar

Posting Komentar