Pentingnya Manajemen Kebersihan Menstruasi Bagi Perempuan

Siapa yang baru tahu kalau tanggal 28 Mei merupakan Hari Kebersihan Menstruasi? Toss dulu sama aku hehehhe..

Jadi, Hari Kebersihan Menstruasi ini diperingati untuk meningkatkan kesadaran perempuan akan pentingnya Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM), serta mematahkan stigma dan norma sosial negatif terkait menstruasi yang masih dianggap tabu di masyarakat. Peringatan ini menjadi sebuah aksi tahunan yang melibatkan pemerintah, organisasi, pihak swasta dan masyarakat luas.



Beruntung sekali kemarin (27/5) aku mengikuti Webinar “Sehat dan Bersih Saat Menstruasi” bersama 1000 Perempuan Indonesia. Diselenggarakan oleh Perkumpulan Obstetri & Ginekologi Indonesia (POGI), Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Indonesia dan Mundipharma Indonesia. Webinar ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman perempuan mengenai pentingnya MKM.

Dengan menghadirkan narasumber, yaitu :
  • Prof. Dr. dr. Dwiana Ocviyanti, Sp.OG(K), MPH selaku Anggota Pengurus Besar Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI)
  • Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., selaku Ketua Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Indonesia Wilayah Jakarta
  • Mada Shinta Dewi selaku Country Manager Mundipharma Indonesia


dr. Dwi Oktavia Handayani, M. Epid selaku Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta menjelaskan tentang pentingnya perempuan mempunyai pengetahuan mengenai MKM. Setiap anak perempuan idealnya mendapat pengetahuan mengenai menstruasi sebelum mengalami menstruasi untuk pertama kalinya. Pengetahuan ini sangat penting agar anak perempuan dapat menjaga kebersihan dan kesehatan organ intim kewanitaan selama masa menstruasi, serta tetap bisa beraktivitas dengan nyaman. 



Data menunjukkan bahwa hanya 5 dari 10 anak perempuan yang tahu apa yang harus dilakukan pada saat pertama kali menstruasi, dan hanya 6 dari 10 anak yang bertanya mengenai menstruasi pada ibunya. Serta hanya 5 dari 10 anak yang mengganti pembalut setiap 4-8 jam, sisanya mengganti pembalut 2x sehari.

Untuk itu, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta terus melakukan edukasi mengenai MKM, salah satunya melalui Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) yang menyasar anak usia sekolah dan remaja, juga mendorong masyarakat luas untuk aktif mencari informasi kesehatan yang benar termasuk mengenai MKM kepada tenaga kesehatan terdekat.



Prof. Dr. dr. Dwiana Ocviyanti, Sp.OG(K), MPH memaparkan tentang risiko infeksi yang meningkat pada saat menstruasi, disebabkan bertambahnya jumlah bakteri buruk di vagina. Oleh karena itu, penting sekali untuk perempuan menerapkan MKM untuk menjaga kesehatan vagina dan menghindari masalah seperti keputihan, gatal, bau tak sedap, peradangan hingga pencegahan penyakit serius seperti kanker serviks.




Manajemen Kebersihan Menstruasi di antaranya adalah :
  • membersihkan vagina secara benar, teliti dan berkala
  • menggunakan air bersih mengalir dengan cairan pembersih antiseptik kewanitaan yang sesuai dengan pH vagina dan dapat digunakan saat menstruasi
  • menggunakan pembalut bersih dan dapat menyerap darah dengan baik
  • serta mengganti pembalut secara teratur minimal setiap 4 jam sekali



Tidak hanya pada saat menstruasi, perawatan area vagina juga harus diperhatikan setiap hari. Merawat vagina sangatlah mudah, yaitu :
  • membasuh vagina dengan air mengalir setelah buang air kecil dan besar
  • hindari membersihkan vagina dengan sabun mandi, melainkan gunakan pembersih kewanitaan yang sesuai dengan pH vagina dan mendukung flora normal di area kewanitaan
  • gunakan tisu berbahan lembut untuk mengeringkan vagina
  • cuci tangan sebelum dan sesudah membersihkan vagina
  • menggunakan celana dalam berbahan katun 
  • serta ganti celana dalam saat terasa lembab atau basah

Bagi perempuan yang sudah kontak seksual dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan pap smir atau IVA secara teratur.




Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., mengatakan bahwa sangat penting bagi Ibu membekali anak dengan pengetahuan tentang MKM sejak dini agar anak tidak panik dan mengerti apa yang harus dilakukan pada saat pertama menstruasi.


Berikut adalah tips untuk mendiskusikan menstruasi dengan anak :
  • Ingat bahwa ibu adalah sosok yang diharapkan membicarakan menstruasi, jadi bekali diri dengan informasi yang benar
  • Buang pemikiran bahwa bicara menstruasi itu tabu, sebaliknya justru penting melakukannya
  • Jangan berpikir bahwa topik menstruasi bisa dibicarakan dalam 1 kali pertemuan, lakukan berulang kali secara bertahap
  • Bersikap positif karena isu menstruasi bisa sensitif buat anak perempuan
  • Lebih baik banyak bertanya dan mendengarkan, daripada langsung menceramahi
  • Jelaskan secara kongkrit dengan gambar dan benda yang digunakan
  • Jelaskan pula kepada anak laki-laki, supaya mereka dapat menghormati perempuan yang sedang menstruasi



Disampaikan oleh Mada Hinta DewiMundipharma Indonesia terus berkomitmen memperbaiki kualitas hidup masyarakat Indonesia, dalam hal ini perempuan dalam menjaga kebersihan dan kesehatan area kewanitaannya. Sejak tahun 2017 Mundipharma Indonesia telah berkolaborasi dengan Kementerian Kesehatan RI dan POGI dalam menyelenggarakan program edukasi mengenai kebersihan menstruasi, serta membagikan Buku Saku ‘Sehat dan Bersih Saat Menstruasi’ kepada lebih dari 1,000,000 perempuan Indonesia. Melalui kegiatan edukasi ini, Mundhipharma Indonesia berharap perempuan Indonesia semakin mengerti cara menjaga kebersihan dan kesehatan area kewanitaannya sedini mungkin, serta dapat terus beraktivitas dengan nyaman tanpa terhalang menstruasi.



Mundipharma Indonesia melalui BETADINE® Feminine Care melakukan kampanye edukatif #YangIdeal untuk mengajak perempuan Indonesia mengetahui dan mengerti cara yang ideal dan tepat menjaga kebersihan dan kesehatan organ intim kewanitaan, salah satunya dengan menggunakan pembersih khusus area kewanitaan yang ideal dan sesuai dengan kebutuhan sehari–hari, saat menstruasi, dan saat terjadi infeksi di organ kewanitaan.



Dalam hal ini BETADINE® Feminine Care menyediakan rangkaian produk area kewanitaan yang lengkap dan berkualitas tinggi, mulai dari pembersih kewanitaan sehari–hari dengan prebiotik; pembersih kewanitaan dengan kandungan daun sirih dan prebiotik; pembersih antiseptik kewanitaan khusus untuk mengatasi infeksi area kewanitaan dan antiseptik kewanitaan yang dilengkapi dengan aplikator; hingga tisu basah pembersih kewanitaan dengan prebiotik yang 100% biodegradable atau flushable.

Pembelian produk BETADINE® Feminine Care bisa melalui marketplace Shopee dan Tokopedia.


Yuk, kita terapkan MKM yang sesuai agar kita bisa menjaga kesehatan area kewanitaan kita!


Tentang BETADINE® 

BETADINE® adalah produk yang sudah dipercaya lebih dari 50 tahun di seluruh dunia untuk mencegah dan mengobati infeksi. Sebuah merek terpercaya di antara konsumen rumah tangga untuk mengobati luka kecil dan luka gores, sakit tenggorokan, infeksi kewanitaan, dan untuk menghentikan masalah kecil agar tidak meningkat menjadi masalah besar. BETADINE® Feminine Care merupakan rangkaian lengkap untuk mendukung kebersihan dan kesehatan area kewanitaan, mulai dari sehari–hari, menstruasi dan juga infeksi area kewanitaan. Untuk sehari–hari, BETADINE® Feminine Wash dilengkapi dengan Prebiotik yang merupakan makanan dari bakteri baik dan memberikan perlindungan alami sehari–hari. Untuk infeksi di area kewanitaan, BETADINE®  Feminine Hygiene dengan Povidone–Iodine yang memiliki spektrum luas dan terbukti mengatasi keputihan berlebih, gatal, bau tak sedap dan iritasi ringan yang kerap terjadi saat menstruasi. 


 ### TERIMA KASIH ###

Tidak ada komentar

Posting Komentar